Google Hubungan Dropbox Dan Google Drive | Kebinekaan

Berbagi tips, tutorial, download, dan update berbagai macam berita menarik

Tuesday, April 23, 2013

Hubungan Dropbox Dan Google Drive

Hubungan Dropbox Dan Google Drive
Baik Google Drive maupun Dropbox mempunyai tampilan desktop yang hampir mirip dengan sedikit perbedaan. Ketika sobat telah mengintall Dropbox maupun Google Drive pada PC Desktop atau Laptop, coba perhatikan bagaimana bentuk tampilan folder Google Drive dan Dropbox. Tampilan dan susunan file yang ada pada Google Drive hampir sama dengan interface Dropbox dan dilengkapi tanda centang maupun refresh.

Tanda centang diberikan ketika file tersebut telah disinkronisasi, sedangkan file yang masih dalam proses sinkronisasi akan ditandai menggunakan tanda refresh dipojok kiri bawah. Jika kamu merasa belum jelas, cobalah meng-copy sebuah file kemudian paste-kan ke dalam dua folder tersebut maka akan kamu temukan tanda tersebut. Entah disengaja atau tidak, tanda tersebut hampir sama dengan tanda yang ada pada Dropbox.

Pada Google Drive, file yang dibuat menggunakan Google Docs akan memiliki ikon unik. Selain itu, ekstensi file yang dihasilkan Google Docs akan berbeda dengan ekstensi file pada umumnya seperti .gsheet, .gdoc, .gslides, dan lainnya. Ukurannya pun sangat kecil (1kb) karena hanya sebuah shortcut saja. Ketika sobat melakukan double click pada file tersebut, secara otomatis file akan terbuka menggunakan web brower. Namun, jika file yang dibuka bukan merupakan file buatan Google Docs, maka file akan terbuka menggunakan software atau aplikasi yang ada pada PC atau laptop sobat.
Tampilan Dropbox Versi Web Based
Perlu diperhatikan ketika Google Drive diluncurkan untuk pertama kalinya, layanan Google Drive for PC ini belum mendukung operasi sistem Linux, sedang Dropbox sudah dapat dijalankan pada operasi sistem Linux. Hmm, semoga ke depan operasi sistem Linux didukung oleh Google Drive.

Kotak pencarian yang ada pada web based app Google Drive dapat mencari kata atau frase menyeluruh baik pada nama dokumen atau file maupun isi dari dokumen tersebut. Berbeda dengan Dropbox yang hanya dapat mencari kata pada nama file saja. Semoga Dropbox menambah fitur algoritma pencarian yang lebih baik dari Google Drive.

Kapasitas penyimpanan awal yang disediakan oleh Google Drive 5 GB memang cukup besar jika dibandingkan kapasitas Dropbox yang hanya 2 GB. Kapasitas penyimpanan tersebut memang diberikan gratis oleh kedua raksasa penyimpanan online. Namun, Dropbox kini memberikan tambahan kapasitas ekstra hingga 20 GB. Hmm, langkah tepat untuk menghadang Google Drive.
Tampilan Google Drive Versi Web Based
Dropbox memiliki fitur aplikasi built-in yang dapat dijalankan langsung melalui websitenya. Aplikasi built-in tersebut dapat dijalankan secara otomatis apabila sobat membuka file image atau gambar, video, Adobe file, dan banyak lainnya. Namun Google Drive tidak dapat melakukan yang demikian. Walaupun sobat dapat mengedit file dokumen menggunakan Google Docs.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

Mohon tinggalkan sedikit jejak komentar anda disini !
Terima Kasih :)

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Kebinekaan. All Rights Reserved.
Posts RSSComments RSS
Back to top